Pembekalan Keimigrasian Kepada CPMI Pertama Kali di Bulan Agustus 2023

09-08-2023 - Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KEPULAUAN RIAU

Selasa (01/08/2023) Tim Imigrasi Batam kembali hadir di Ruang Orientasi Pra Penempatan LTSA Batam pada awal bulan Agustus ini. Tiga orang petugas Imigrasi memberikan penyuluhan pembekalan Keimigrasian kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). Para peserta direncanakan akan diberangkatkan oleh pihak agensi yang bertanggung jawab, PT. Tenaga Sejahtera Wirasta, dalam waktu dekat.

Selain Imigrasi Batam, pembekalan juga diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, Bea Cukai, Polri Kepri, dan Badan Narkotika Nasional. Penyuluhan ini sangat berperan penting bagi para peserta yang akan diberangkatkan ke luar negeri untuk bekerja. Diharapkan kemandirian dan penguasaan wawasan dan pengetahuan bagi seluruh CPMI ketika mereka berada di luar negeri. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam pencegahan terjadinya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Terkait Keimigrasian, informasi perihal keutamaan paspor di luar negeri disampaikan. Petugas Imigrasi juga membekali informasi terkait penjagaan, perawatan dan pemeliharaan dokumen perjalanan tersebut bagi mereka. Di luar negeri, paspor merupakan bukti identitas pemegang dokumen perjalanan dan digunakan sebagai pengganti e-KTP.


Bagikan berita melalui