LEGAL EXPO KEMENKUMHAM, LAPAS PEREMPUAN KUPANG PAMERKAN KARYA WARGA BINAAN

05-08-2023 - Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang - Dalam rangka memperingati Hari Kemenkumham Ke-78 Tahun 2023, Lapas Perempuan Kupang mengikuti Kegiatan Legal Expo Kumham yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham NTT tepat pukul 06.00 WITA bertempat di Car Free Day (CFD), Jalan El Tari Kota Kupang (Sabtu,05/08/2023). 

Adapun tujuan dilaksanakannya pameran tersebut yaitu untuk memperkenalkan hasil karya dari para Warga Binaan Lapas Perempuan Kupang kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan CFD yang sedang berlangsung. 

Lapas Perempuan Kupang pun berhasil memamerkan beragam aneka kue, roti dan jajanan pasar serta kerajinan tangan yang mengagumkan dari para Warga Binaan. Tak lupa dalam pameran tersebut, Lapas Perempuan Kupang juga memberikan pentas seni Warga Binaan berupa 2 (dua) orang Warga Binaan yang terjun langsung mempraktekkan pembuatan kain tenun khas NTT didepan stand Lapas Perempuan Kupang. 

Selain memperkenalkan hasil kerajinan Warga Binaan, pameran ini juga berfungsi sebagai sarana positif untuk mendekatkan Warga Binaan dengan masyarakat dan mengajarkan nilai-nilai kebaikan. 

Istimewanya, Legal Expo pada tahun ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Kupang; George M. Hadjoh dan dihadiri oleh Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Pujo Harinto beserta para pejabat serta seluruh ASN di Lingkup Kanwil Kemenkumham NTT. 

Dalam kegiatan Legal Expo tersebut juga diramaikan dengan zumba, menari bersama dan juga terdapat quiz serta doorprize. Tidak hanya menampilkan pameran karya seni Warga Binaan, berbagai pelayanan publik di lingkup Kementerian Hukum dan HAM seperti pelayanan kekayaan intelektual, layanan komunikasi masyarakat, layanan keimigrasian, layanan administrasi hukum umum, layanan konsultasi hukum serta layanan penerbitan kartu anggota perpustakaan hukum JDIH dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lainnya juga dihadirkan. 

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Lapas Perempuan Kupang; Maria M. Nahak menyampaikan bahwa pameran seperti ini sangat dibutuhkan terlebih untuk mensupport hasil karya Warga Binaan agar dapat di kenal oleh Masyarakat. Beliau juga berharap pameran ini dapat memberi inspirasi bagi Warga Binaan untuk terus berkarya dan memperbaiki diri selama menjalani masa hukuman. 

“Melalui karya-karya mereka, kita dapat membuktikan bahwa kesalahan masa lalu bukanlah akhir dari segalanya dan masih ada peluang untuk berkontribusi positif dalam masyarakat” Tutup Maria. 

Kontributor: Humas Lapas Perempuan Kupang (AD) 

Bagikan berita melalui