IMIGRASI NUNUKAN MENGIKUTI KEGIATAN PEMBUKAAN ACARA BISNIS TAHAP VI & INDONESIAN CATALOGUE EXPO DAN FORUM (ICEF) TAHUN 2023

03-08-2023 - Kantor Imigrasi Nunukan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Nunukan (03/08) – Imigrasi Nunukan yang diwakili Kasi Inteldakim, Reza Pahlevi mengikuti kegiatan pembukaan Acara Bisnis Tahap VI & Indonesian Catalogue Expo and Forum (ICEF) Tahun 2023 “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri Wujudkan Kemandirian Bangsa” yang merupakan rangkaian kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, dan Kamar Dagang dan Industri; secara virtual melalui media zoog.

Kemenkumham bersama dengan Kementerian Keuangan ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi guna memberikan dukungan fasilitasi penyelenggaraan Temu Bisnis Tahap VI pada tanggal 3 s.d. 5 Agustus 2023 bertempat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Pelaksanaannya terintegrasi dengan kegiatan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) yang diinisiasi oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Kegiatan dimaksudkan untuk memfasilitasi pertemuan antara instansi pengguna produk dalam negeri (Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah, BUMN) dengan usaha pelaku industri dalam negeri. "Yaitu untuk mencapai kesepakatan dari sisi demand and supply atas kebutuhan dan pengadaan produk dalam negeri," terang Imam.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka mendorong optimalisasi pengembangan, pemanfaatan, dan penggunaan produk dan jasa dalam negeri di Indonesia. Dalam kegiatan ini terdapat rangkaian seminar dan diskusi, kegiatan temu bisnis, pameran dan pojok konsultasi, serta pentas seni dan musik. Higlight kegiatan ini terdiri dari penggunaan produk dalam negeri, digitalisasi proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, mendukung percepatan pembangunan dan pengembangan IKN Nusantara 2024, Pembelian produk dalam negeri dan perbaikan ekosistem. Kegiatan dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Kegiatan tersebut juga melakukan pemberian Plakat dan Piagam kepada para pemenang dari masing-masing kategori. Mendengarkan Keynote Speech oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang menyampaikan “Acara ini bermula dari arahan Bapak Presiden Jokowi dan Pak Menko, bagaimana memanfaatkan dan mengoptimalkan produk-produk dalam negeri. Kita harus membina UMKM kita. Itulah kenapa kita kumpul hari ini, kita harus berpikir bagaimana menjadikan hal itu konkrit dan pada akhirnya bisa membuat Indonesia dengan pasar 260-270 juta bisa mandiri.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala dan diakhiri pada pukul 11.10 WITA

Bagikan berita melalui