PENGUKURAN STATUS GIZI WARGA BINAAN, LAPAS PEREMPUAN KUPANG TERIMA KUNJUNGAN TIM DITJENPAS

02-08-2023 - Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang — KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM NUSA TENGGARA TIMUR

Kupang - Dalam rangka untuk melakukan penyusunan rekomendasi kebijakan bidang layanan makanan dan pemenuhan target kinerja Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023, dimana Direktorat Jenderal Pemasyarakatan akan melaksanakan penyusunan kajian ketercukupan angka kecukupan gizi bagi Tahanan, Narapidana, Anak dan Anak Binaan di UPT Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Kupang menerima kunjungan dari Tim Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas). Rabu (02/08/2023) 

Kedatangan tim Ditjenpas yang dipimpin langsung oleh Chaidir Rahman selaku Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Perawatan Kesehatan Dan Rehabilitasi ini disambut hangat oleh Plt. Kepala Lapas Perempuan Kupang; Maria M. Nahak beserta jajaran. 

Kegiatan diawali dengan bincang ringan antara tim dari Ditjenpas bersama Maria yang didampingi oleh Kepala Seksi Binadik dan Giatja; Septerhani Buky dan Kepala Sub Seksi Perawatan Narapidana dan Anak Didik; Devi Lian. 

Selanjutnya Tim Ditjenpas meninjau langsung keadaan Dapur Nukninu dan Ruang Perawatan Lapas Perempuan Kupang dengan memeriksa seluruh fasilitas dapur, fasilitas pelayanan kesehatan serta proses pembuatan makanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Dalam kunjungan tersebut, Chaidir memberikan apresiasi kepada Lapas Perempuan Kupang terutama pada bagian Dapur dan Ruang Perawatan yang sangat bersih serta kepada setiap Petugas maupun Warga Binaan dapat memelihara sarana dan prasarana dengan baik meskipun sarpras tersebut masih terbatas. 

Lebih lanjut, Chaidir juga mengapresiasi dapur Nukninu yang telah mempunyai sertifikat Laik Hygine yang menjadi bukti bahwa dapur pada Lapas Perempuan Kupang sudah sesuai dengan standar pelayanan makanan sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas makanan yang dihasilkan. 

Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini selain untuk melihat secara langsung pemetaan sarana dan prasarana di Lapas Perempuan Kupang, juga dilakukan untuk mengetahui kondisi status gizi Warga Binaan selama berada di Lapas Perempuan Kupang. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian instrumen aktivitas fisik, pemberian materi penyuluhan gizi bagi Warga Binaan, pengukuran berat badan dan tinggi badan, kemudian dilanjutkan dengan wawancara asupan makan Warga Binaan. 

Selama kegiatan berlangsung, terlihat Warga Binaan mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias khususnya pada saat sesi penyuluhan gizi. Tak lupa, tim dari Ditjenpas juga menyempatkan diri melihat secara langsung pembinaan kemandirian pada Lapas Perempuan Kupang yaitu keterampilan menenun. 

Pada kesempatan yang sama, Maria mengucapkan terima kasih kepada tim dari Ditjenpas yang telah melakukan kunjungan pada Lapas Perempuan Kupang. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi petugas pemasyarakatan, agar senantiasa melaksanakan tugas sesuai prosedur dan memastikan status gizi Warga Binaan baik secara keseluruhan. 

Lapas Perempuan Kupang selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik agar terpenuhinya kebutuhan gizi seimbang pada Warga Binaan serta dapat dipastikan bahwa pemberian makan pada Lapas Perempuan Kupang sudah sesuai standar. 

Kontributor: Humas Lapas Perempuan Kupang (AP) 

Bagikan berita melalui