Semarakan Hari Raya Galungan, Rutan Kapuas Pasang Penjor di Pura Padmasa

02-08-2023 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kuala Kapuas — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TENGAH

Kuala Kapuas, Dalam menyambut Hari Raya Galungan, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas memasang Penjor yang dibuat oleh Petugas dan Warga Binaan yang Beragama Hindu. Pembuatan Penjor dilaksanakan di ruang Bimbingan Kerja (Bimker) Rutan Kuala Kapuas, (02/08/2023).

 

Penjor merupakan lambang dari Naga Besukih yang memiliki simbol kemenangan dan kemakmuran, serta wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pemasangan Penjor bertujuan untuk mewujudkan rasa Bhakti dan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas kemakmuran yang diberikan Ida Sang Hyang Widhi (Tuhan).

 

Bahan yang digunakan digunakan dalam pembuatan Penjor yakni bambu yang melengkung, janur, jajan (kue), dan Kelapa tua kemudian dirangkai sedemikian rupa menjadi Penjor. Setelah dihias, Penjor pun di pasang di area depan pura Padmasana.

 

 Kepala Rutan Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto mengungkapan bahwa "Dengan pemasangan Penjor di Pura Padmasana, semoga dapat menyemarakan Perayaan Hari Raya Galungan di Rutan Kuala Kapuas. Sehingga Penjor yang dipasang dapat memperindah pura Padmasana sebagai tempat ibadah Umat Hindu di Rutan Kapuas baik itu petugas maupun Warga Binaan".

 

Kontributor : Humas Rutan Kuala Kapuas

 

#KemenkumhamRI

#kemenkumhamkalteng

#kanwilkemenkumhamkalteng

#hendraekaputra

#rutankapuas

#rutankualakapuas

#rutankapuascangkalbagawi

#toniajipriyanto

 


Bagikan berita melalui