Masuki Bulan Maulid, WBP Rutan Tanjung Latihan Hadrah Basyariyyah (HABSYI)

23-09-2024 - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tanjung — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Tanjung, Humas_Info - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung menjalani masa pidana dengan mengikuti sejumlah pembinaan yang diadakan oleh Rutan Tanjung. Salah satunya pembinaan kerohanian Islam, yaitu latihan habsyi dan yasinan di Masjid Al-Mustaqim Rutan Kelas IIB Tanjung.

 

Kepala Rutan Tanjung, Boy Irfan Arslan, mengatakan bahwa kegiatan habsyi, belajar iqro dan mengaji, serta yasinan rutin merupakan bentuk pembinaan kerohanian bagi para WBP agar senantiasa dekat dan mengingat Tuhan Yang Maha Esa.

 

“Kami berharap ini menjadi pegangan ketika mereka selesai menjalani pidana agar di kemudian hari tidak kembali ke jalan yang salah,” harap Boy saat ditemui di Masjid Al-Mustaqim Rutan Kelas IIB Tanjung seraya menyaksikan latihan habsyi para WBP, Minggu (22/9).

 

Ia menambahkan para WBP diarahkan untuk rajin latihan habsyi dan yasinan agar nantinya, selain dekat dan mengingat Allah, mereka juga punya keterampilan. “Latihan habsyi ini digelar sebagai bagian dari persiapan menyambut peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW., dan juga agar nantinya keterampilan ini bisa digunakan untuk berbaur kembali ke masyarakat sehingga masyarakat percaya bahwa WBP tersebut telah kembali ke jalan yang benar,” tambah Boy.

 

Habsyi, singkatan dari "Hadrah Basyariyyah," merupakan bentuk seni hadrah yang biasa digunakan dalam kegiatan dzikir dan peringatan peristiwa keagamaan. Latihan habsyi tersebut diikuti dengan penuh antusiasme oleh para warga binaan, yang bersama-sama merangkai harmoni suara dan gerakan yang khas.

 

@kemenkumhamri

@kemenkumhamkalsel

#KanwilKemenkumhamKalsel

#KumhamKalsel

#Jumadi

Kanwil Kemenkumham Kalsel

Kumham Kalsel

Jumadi


Bagikan berita melalui