DISDIKPORA BULELENG GELAR KEMAH BHAKTI SOSIAL DIDESA PANCASARI

23-09-2024 - Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga — Pemerintah Kab. Buleleng

DISDIKPORA BULELENG GELAR KEMAH BHAKTI SOSIAL DIDESA PANCASARI 

Sukasada, Kamis 19 September 2024 l DISDIKTODAY Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika, S.Pd, M.M., resmi membuka Kemah Bhakti Sosial di kawasan perkemahan New Buyan Liang, Desa Pancasari, Kamis ( 19/9) pagi. Kegiatan yang melibatkan puluhan peserta dari siswa SMA/SMK dan Mahasiswa di Buleleng ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat gotong royong, kepedulian sosial, serta melatih keterampilan hidup siswa. Dalam sambutannya, Kadis Astika menyampaikan bahwa kegiatan kemah bhakti sosial ini merupakan agenda tahunan yang selalu dinantikan oleh siswa-siswi. 

Selain sebagai ajang rekreasi, kemah ini juga menjadi wadah bagi siswa untuk belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan, kesehatan, dan kemanusiaan. "Melalui kegiatan ini, kita ingin menanamkan nilai-nilai positif kepada generasi muda. Selain itu, kemah ini juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar siswa dari berbagai sekolah," ujarnya. Secara umum, Kemah Bhakti Sosial bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang mandiri, bertanggung jawab, peduli terhadap sesama, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan antar siswa dan membangun karakter bangsa yang lebih baik. "Kemah Bhakti Sosial salah satu kegiatan penting dimana para peserta akan memperoleh hal yang baru baik dari sisi sosial, ilmu pengetahuan.

Hal ini dirasa bisa memberikan vibrasi positif kepada seluruh peserta Kemah Bhakti Sosial serta mencegah perilaku menyimpang maupun kearah pergaulan bebas seperti narkoba dan kekerasan di Sekolah atau Bullyng. Sementara itu dari laporan ketua panitia, Putu Pasek Sujendra, S.Pd., selaku Kabid Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa selama kemah berlangsung, peserta akan mengikuti berbagai kegiatan yang menarik, seperti lomba , bakti sosial, tracking pengenalan alam, malam api unggun, pemberian materi dari berbagai narasumber seperti Kepala Desa Pancasari, Polres Buleleng, BNNK Buleleng, Kejaksaan Negeri Buleleng dan BKSDA Provinsi Bali. Dalam kegiatan ini turut hadir Analis Kebijakan Ahli Muda Subkoor Pemuda, Trisnayanti, Analis Kebijakan Ahli Muda Subkoor Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Nyoman Omy Anggreni, S.Sos., M.A.P dan Analis Kebijakan Ahli Muda Subkoor Sarpras Pemuda dan Olahraga, Putu Kulawarma, S.Sos. Perlu diketahui bersama bahwa, kemah Bhakti Sosial Disdikpora Kabupaten Buleleng dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 18, 19, dan 20 September 2024. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menyelenggarakan kegiatan serupa.

Bagikan berita melalui