PK Bapas Banjarmasin Ikuti Pelatihan Konseling Bagi PK, APK, DAN PPK Di Wilayah Kalimantan Selatan

22-09-2024 - Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Pada harii Kamis, 19 September 2024, diselenggarakan kegiatan pelatihan teknik konseling yang diperuntukkan bagi PK, APK, dan PPK di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, adapun pelaksanaannya dilakukan melalui metode tatap muka langsung dan secara Virtual melalui Zoom Meeting bagi peserta yang berada di Satker luar Banjar Raya. Pelatihan ini merupakan kegiatan kerjasama antara Bapas Banjarmasin, DPW IPKEMINDO Kalimantan Selatan, dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. 

Kegiatan dibuka oleh Pudjiono Gunawan, S.H., M.Si. selaku Kepala Bapas Banjarmasin yang juga merupakan salah satu Pembina DPW IPKEMINDO Kalsel. Turut menghadiri kegiatan yakni Kabid. Pembinaan, Bimbingan, dan TI Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sugito.AMd.IP., S.Sos., M.A mewakili Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel. 

Sebagai narasumber utama pada kegiatan pelatihan ini adalah Psikolog Profesional yang juga merangkap Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Dicky Listin Quarta, M.Psi., Psikolog. 

Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk menambah keterampilan dan keilmuan para PK, APK, dan PPK, khsusunya terkait teknik-teknik konseling, komunikasi efektif, maupun teknik-teknik interview yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi PK, APK, PPK sehari-hari, khususnya terkait tusi penyusunan laporan Litmas, dan proses Pembimbingan Klien Pemasyarakatan yang sedang ditangani. 

Pada kegiatan ini juga diselipkan materi terkait Rancangan Peraturan Menteri Hukum dan HAM tentang Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) yang dibawakan oleh Artoni, S.E selaku Ketua DPW IPKEMINDO Kalimantan Selatan. Kegiatan berjalan lancar yang dilengkapi dengan sesi Role Play Konseling terhadap Klien Pemasyarakatan secara langsung.

Bagikan berita melalui