Kadivpas Tutup Perjusami Pramuka UPT Pemasyarakatan Se-Banjar Raya 2024 di Lapas Banjarbaru

22-09-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

<meta charset="UTF-8" />

Banjarbaru, INFO_PAS - Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) Pramuka Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan se-Banjar Raya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru resmi ditutup oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Said Mahdar. Penutupan Perjusami ini terlaksana di Lapangan Alun-Alun Lapas Banjarbaru, Minggu (22/9). 

Perjusami yang berlangsung dari tanggal 20 September hingga 22 September ini diikuti sebanyak 80 orang Warga Binaan dari 7 UPT Pemasyarakatan se-Banjar Raya. Kemudian,  penutupan perjusami ini turut dihadiri Pejabat Administrator Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Banjar Raya serta Pengurus dan Anggota Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru. 

Dalam sambutannya, Said mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para pembina yang telah membimbing dan menginspirasi para peserta Perjusami. "Hari ini, kami merasa sangat bahagia dan bersyukur karena telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Perjusami yang luar biasa ini. Terima kasih atas waktu dan energi yang telah diberikan untuk menciptakan pengalaman berharga ini bagi para Warga Bjnaan." tutur Said.

"Tak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia Lapas Banjarbaru yang telah bekerja keras memastikan kegiatan berjalan dengan lancar," imbuh Said.

Lebih lanjut, Said mengatakan Perjusami ini telah menjadi momen penting bagi para Warga Binaan karena telah menunjukkan semangat kebersamaan dan kegigihan yang luar biasa. "Selama 3 hari ini, kita semua telah belajar banyak hal baru, tidak hanya dalam hal pengetahuan, tetapi juga dalam hal kejujuran, kebersamaan, kerjasama, toleransi, dan persatuan" ujar Kadivpas.

Terakhir, Said berpesan kepada Warga Binaan agar pengalaman Perjusami ini menjadi bekal berharga guna menjadi pribadi yang lebih baik. "Mari kita bawa pulang semangat kebersamaan, persahabatan, dan semangat belajar yang telah kita rasakan selama perkemahan ini. Terus jaga semangat persaudaraan dan kebersamaan untuk menjalani kehidupan sehari-hari," ucap Said seraya menutup kegiatan Perjusami 2024.

Usai penutupan, acara dilanjutkan dengan  pembagian hadiah kepada para pemenang berbagai lomba. Hadiah berupa bingkisan tersebut diserahkan langsung oleh Kadivpas, dan kemudian dilanjutkan secara bergantian oleh para Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Banjar Raya, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Banjarbaru, dan Pejabat Struktural Lapas Banjarbaru.

Adapun para pemenang lomba dalam kegiatan Perjusami tahun 2024 di Lapas Banjarbaru, sebagai berikut : Lomba Praktik Peraturan Baris-Berbaris (PBB); Juara 1 Lapas Banjarbaru, Juara 2 Lapas Banjarmasin, Juara 3 LPP Martapura. Kemudian, Lomba Korve Tenda; Juara 1 Lapas Narkotika Karang Intan, Juara 2 Lapas Banjarmasin, Juara 3 Rutan Pelaihari. Selanjutnya, Lomba Pentas Seni; Juara 1 LPP Martapura, Juara 2 LPKA Martapura, Juara 3 Rutan Marabahan, serta Lomba Yel-yel; Juara 1 Lapas Narkotikq Karang Intan, Juara 2 LPKA Martapura, Juara 3 Lapas Banjarbaru, Lomba Permainan Bola Crazy; Juara 1 Lapas Banjarbaru, Juara 2 LPKA  Martapura, Juara 3 Rutan Pelaihari.

Bagikan berita melalui