Kadivpas Kemenkumham Kaltim lakukan kunjungan kerja ke Lapas Nunukan

21-09-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Nunukan — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN TIMUR

Nunukan, 21 September 2024 – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Endang Lintang Hardiman, melakukan kunjungan kerja ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan, Kalimantan Utara. Kunjungan ini bertujuan untuk Penguatan tugas dan fungsi Pemasyarakatan, mengevaluasi kondisi fasilitas, serta melakukan peresmian Pos Bapas Kelas II Tarakan di Lapas Nunukan.

Tiba pada Pukul 17.00 Kadivpas Kemenkumham Kaltim dan jajaran disambut dengan Tarian selamat datang yang ditampilkan oleh Warga Binaan Lapas Nunukan, setelah itu langsung menuju ke Area Portir II untuk melakukan Peresmian Pos Bapas Kelas II Tarakan di Lapas Nunukan.

Setelah melakukan Peresmian Pos Bapas, Kadivpas Kaltim beserta jajaran kemudian meninjau hasil kegiatan kerja dan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil Warga Binaan. Kadivpas Kaltim begitu terkesan terhadap keterampilan Membatik warga binaan dan hasil bumi yang dihasilkan oleh kegiatan pembinaan Perkebunan di SAE Lanuka.

Tak puas hanya melihat hasil bumi Perkebunan Lapas Nunukan, Kadivpas kemudian langsung melakukan peninjauan di Sarana Asimilasi dan Edukasi Lanuka yang juga merupakan program pembinaan unggulan Lapas Nunukan sebagai wadah bagi Warga Binaan dalam proses re-integrasi sebelum kembali ke Masyarakat.

Kemudian setelah itu, bertempat di SAE Lanuka, Kadivpas memberi pengarahan dan penguatan tugas dan fungsi kepada seluruh Petugas Lapas Nunukan. Dalam pengarahannya beliau mengungkapkan agar bekerja dengan bahagia. Jadikanlah kerja diperbatasan sebagai kebanggaan, jadilah pejuang sebagai pemenang.

"Tanamkan Kebahagiaan di hatimu maka setiap perilaku, pekerjaan apapun dan dimanapun akan dilakukan dengan bahagia sehingga membuat pekerjaan menjadi baik" tutur Kadivpas.

 Kadivpas juga mengungkapkan bahwa Petugas Pemasyarakatan merupakan tugas mulia. "Apa yang anda lakukan untuk merubah warga binaan menjadi lebih baik akan menjadi ladang pahala bagi anda. Jangan takut untuk melakukan kebaikan" Tekan Kadivpas.

Diakhir sesi Kadivpas juga menekankan pentingnya 3 Kunci Pemasyarakatan maju yakni 3+1 

- Deteksi Dini 

- Berantas Narkoba

- Sinergi dengan APH Dan Back to Basic. 

Kadivpas juga berpesan kepada seluruh petugas Lapas Nunukan agar selalu bekerja dengan sungguh-sungguh tidak memberi kesempatan kepada warga binaan untuk berbuat hal yang tidak baik dan memberikan kesempatan seluas-luasnya terhadap pembinaan warga binaan sehingga menjadi lebih baik lagi. Kegiatan Kunjungan kerja Kadivpas diakhiri dengan Tes urin yang dilakukan oleh Petugas Lapas Nunukan dengan keseluruhan hasil Negatif.

Bagikan berita melalui