Lapas Banjarbaru Bersinergi dengan DKP3 Banjarbaru Gelar Pelatihan Budidaya Tanaman Buah bagi Warga Binaan

21-09-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

<meta charset="UTF-8" />

Banjarbaru, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru gelar pelatihan budidaya tanaman buah yang dimulai pada Kamis (19/9). Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Bagus Paras Etika. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada DKP3 Banjarbaru atas kerja sama pelatihan budidaya tanaman buah bagi Warga Binaan. Semoga kerja sama ini terus berlanjut dengan pelatihan lainnya," harap Bagus.

Bagus berpesan kepada Warga Binaan agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. "Manfaatkan pelatihan dengan baik sehingga setelah bebas nanti sudah punya keterampilan yang dapat digunakan untuk menghidupi keluarga," pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Subseksi Kegiatan Kerja, Ady Tri Marwoko, dalam laporannya menerangkan pelatihan ini diikuti 10 Warga Binaan selama 6 hari. "Pelatihan ini merupakan program pembinaan kemandirian yang digelar agar Warga Binaan memiliki bekal keterampilan yang berguna setelah kembali ke masyarakat," terangnya.

Selanjutnya, Kepala Bidang Penyuluhan DKP3 Kota Banjarbaru, Risnawati, mengatakan pelatihan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung peningkatan kualitas pembinaan kemandirian serta memastikan Warga Binan memiliki kompetensi yang relevan dan siap menghadapi tuntutan dunia kerja setelah selesai menjalani masa pidana.

"Pelatihan ini bukan saja menambah pengetahuan, tetapi juga untuk memberikan keterampilan baru yang berguna dimasa yang akan datang. Kami berharap bapak-bapak sekalian apat menyebarluaskan ilmu dan pengetahuan dari hasil pelatihan ini kepada rekan Warga Binaan lainnya serta dapat mengaplikasikannya untuk membuka usaha ketika bebas nanti," harapnya.

Pelatihan ini bukan hanya sebatas pemberian materi, namun para instruktur DKP3 Banjarbaru juga memberikan praktik langsung budidaya tanaman buah kepada Warga Binaan yang terlaksana di lahan Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Banjarbaru.

Bagikan berita melalui