RATUSAN WARGA BINAAN LAPAS TANJUNG JALANI SKRINING PENYAKIT MENULAR

14-09-2024 - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjung — KANWIL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI KALIMANTAN SELATAN

Tanjung, INFO_PAS - Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjung, Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan menjalani pemeriksaan kesehatan atau skrining awal penyakit menular. Pemeriksaan ini meliputi skrining HIV/AIDS, Sifilis dan batuk, Sabtu(14/09).

 


Kalapas menjelaskan, skrining awal penyakit HIV/AIDS, Sifilis dan batuk ini dilakukan kepada seluruh warga binaan Lapas Tanjung. "Hari ini kita melaksanakan skrining HIV/AIDS, Sifilis dan batuk kepada seluruh warga binaan jumlah keseluruhannya mencapai 359 orang," kata Kepala Lapas Tanjung Hakim Sanjaya.

 

Pelaksanaan skrining ini dilaksanakan di Aula Lapas Tanjung dengan melibatkan petugas kesehatan dari 1 orang Dinas Kesehatan, 9 orang dari Puskemas Mabu’un dan 1 orang Dokter Klinik Lapas Tanjung, tujuannya untuk mengetahui ada tidaknya warga binaan yang mengidap penyakit HIV/AIDS, Sifilis dan TB.

 

Perlu diketahui bahwa skrining ini merupakan langkah awal yang penting untuk mendeteksi dini kasus HIV/AIDS, Sifilis dan TB di dalam Lapas, "Kami berharap dengan adanya skrining ini, kami bisa segera memberikan penanganan yang tepat bagi mereka yang terdeteksi positif, serta mencegah penyebaran lebih lanjut," jelas Hakim.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Lapas Tanjung dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada para WBP. Kalapas Tanjung berharap, melalui kegiatan ini, WBP dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit menular, "Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup para WBP dan mencegah terjadinya penyebaran penyakit menular di dalam Lapas," pungkasnya.

 

Dengan adanya skrining HIV/AIDS, Sifilis dan batuk ini, Lapas Tanjung menunjukkan komitmennya dalam menjaga kesehatan warga binaan dan memastikan lingkungan lapas yang sehat. Kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Dinas Kesehatan dan Puskesmas Mabu’un, diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat besar bagi seluruh penghuni lapas.  

 

@kemenkumhamri

@kemenkumhamkalsel

#KanwilKemenkumhamKalsel

#KumhamKalsel

#Jumadi

Kanwil Kemenkumham Kalsel

Kumham Kalsel

Jumadi


Bagikan berita melalui