Kegiatan Pelatihan Olahan Pangan Lokal di desa Gesing, Kecamatan Banjar, Buleleng

05-09-2024 - Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan — Pemerintah Kab. Buleleng

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng melalui Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan melaksanakan Kegiatan Pelatihan Olahan Pangan Lokal di desa Gesing, Kecamatan Banjar bersama Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani Kembang Sari pada hari Rabu, 28 Agustus 2024 yang dihadiri oleh Fungsional Analis Ketahanan Pangan DKPP Buleleng (Ni Made Atmadewi, SP., MAP) beserta staf terkait yang didampingi oleh Aparatur Desa Setempat.
Adapun Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pelatihan olahan pangan lokal ini adalah agar ibu-ibu KWT Kembang Sari Desa Gesing bisa meningkatkan keterampilan dan berinovasi dalam mengolah makanan yang bersumber dari panganan lokal sebagai bagian dari kampanye Kenyang tidak harus makan nasi. Ada 3 macam jenis olahan pangan yang dibuat dalam kegiatan pelatihan ini diantaranya yaitu :
a) Carang Mas/Cakar ayam yang dibuat dari bahan pangan lokal yaitu ketela pohon dan Ubi.
b) Abon Ikan Tuna, yang mana ikan tuna tidak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi juga mengandung beberapa nutrisi yang lain seperti, Vitamin B Komples, Zat besi, kalium, selenium hingga yodium.
c) Combro, gorengan khas Sunda yang terbuat dari parutan singkong dengan isian Tempe yang sudah dihaluskan dan telah dibumbui.
Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan olahan pangan lokal ini dapat memberikan pemahaman kepada ibu-ibu Kwt Kembang Sari Desa Gesing bahwa banyak bahan pangan lokal yang dapat diolah menjadi makanan dengan nilai gizi yang tinggi, dan bahkan jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh nantinya dapat memiliki daya jual yang tinggi.

Bagikan berita melalui