Pelatihan Calon Transmigrasi Pola Pugar di Balai Desa Rangda

19-06-2024 - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi — Pemerintah Kab. Kotawaringin Barat

Transmigrasi Merupakan salah satu alternatif strategi pengembangan wilayah untuk peningkatan kesejahteraan Masyarakat dan dukungan akan program transmigrasi sangat kuat.

Desa Rangda merupakan bagian satuan kawasan permukiman dari kawasan Transmigrasi Arut Selatan (Arsel) - Kotawaringin Lama (Kolam), yang ditetapkan dengan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 132 Tahun 2019 tentang Penetapan Kawasan Transmigrasi.

Penetapan Desa Rangda sebagai Satuan Permukiman Pugar tentu bukan hanya sekedar menempatkan warga dilokasi transmigrasi yang sudah ditentukan serta menyiapkan sarana dan prasarana

Lebih dari itu, ada tanggung jawab dari Pemerintah Daerah agar Bagaimana Calon Transmigran memiliki bekal pengetahuan terkait pemanfaatan lahan dan sumber daya yang akan diolah, sehingga kelak memiliki ketahanan pangan dan juga ketahanan ekonomi.

Tugas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) salah satunya memberikan pelatihan agar yang belum terampil menjadi terampil, yang belum kompeten menjadi kompeten, berpenghasilan, mampu membangun usaha secara mandiri.

Bagikan berita melalui